Penyelenggara Informasi Publik


Tim Pertimbangan Pelayanan Informasi

  1. Ketua Tim : Kepala BPN RI.
  2. Ditetapkan melalui Keputusan Kepala BPN RI.
  3. Tugas :
    • Memutuskan pengujian konsekuensi Informasi publik yang harus dikecualikan.
    • Mengembangkan kapasitas pejabat fungsional dan/atau petugas informasi dalam rangka peningkatan kualitas layanan Informasi Publik.

Penanggung jawab

  1. BPN RI : Sekretaris Utama.
  2. Kanwil : Kakanwil.
  3. Kantah : Kepala Kantor.
  4. Tugas :
    • Mengkoordinasikan, mengawasi, dan mengevaluasi pelaksanaan Peraturan ini.
    • Mengkoordinasikan pengembangan sistem pengelolaan dan pelayanan Informasi Publik.
    • Memberikan tanggapan atas keberatan yang diajukan oleh pemohon Informasi Publik.
    • Membuat laporan layanan Informasi Publik kepada Kepala BPN RI secara periodik dan berjenjang.

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID)

  1. BPN RI : Kepala Pusat Data dan Informasi Pertanahan.
  2. Kanwil : Kepala Bagian Tata Usaha.
  3. Kantah : Kepala Sub Bagian Tata Usaha.
  4. Tugas :
    • Mengkordinasikan penyimpanan dan pendokumentasian Informasi Publik.
    • Mengkoordinasikan tugas-tugas Pejabat Informasi, Staf Informasi Publik dan Petugas Meja Informasi.
    • Menyajikan Daftar Informasi Publik berdasarkan masukan dari Pejabat Informasi.
    • Melaksanakan penyediaan dan pelayanan Informasi Publik baik melalui pengumuman maupun permohonan Informasi Publik.
    • Menyelenggarakan Meja Informasi.
  5. Dalam hal Pengumuman Informasi Publik, PPID bertugas :
    • Mengkoordinasikan pengumuman Informasi Publik melalui media yang secara efektif dapat menjangkau seluruh pemangku kepentingan; dan
    • Mengkoordinasikan penyampaian Informasi Publik dalam Bahasa Indonesia yang sederhana dan mudah dipahami
  6. Dalam hal Pelayanan Permohonan Informasi Publik, PPID bertugas :
    • Mengkoordinasikan pemberian Informasi Publik yang dapat diakses oleh publik dengan petugas informasi di berbagai unit pelayanan.
    • Menyertakan alasan tertulis pengecualian Informasi Publik secara jelas dan tegas, untuk Informasi Publik ditolak.
    • Menghitamkan atau mengaburkan Informasi Publik yang dikecualikan beserta alasannya.

Pejabat Informasi

  1. BPN RI : Pejabat Eselon II.
  2. Kanwil : Masing-masing Kepala Bidang.
  3. Kantah : Masing-masing Kepala Seksi.
  4. Tugas :
    • Membuat, menyimpan, mendokumentasikan dan menyediakan Daftar Informasi Publik di satuan kerjanya untuk disampaikan ke PPID.
    • Membantu PPID membuat jawaban atau tanggapan atas permohonan Informasi Publik dan/atau menyertakan alasan tertulis apabila permohonan Informasi Publik ditolak.

Petugas Informasi

  1. BPN RI : Pejabat Eselon III.
  2. Kanwil : Pejabat Eselon IV.
  3. Kantah : Pejabat Eselon V.
  4. Tugas :
    • Memberikan dukungan teknis bagi pelaksanaan tugas Pejabat Informasi.

Staf Informasi Publik

  1. Staf di bawah satuan kerja masing-masing Petugas Informasi.
  2. Tugas :
    • Memberikan dukungan teknis bagi pelaksanaan tugas Petugas Informasi di masing-masing satuan kerjanya.

Petugas Meja Informasi

  1. BPN RI : Staf BPN RI di bawah Kepala Pusat Data dan Informasi Pertanahan.
  2. Kanwil : Staf Kanwil di bawah Kabag TU.
  3. Kantah : Staf Kantah di bawah Kasubag TU.
  4. Tugas :
    • Menyelenggarakan pelayanan Informasi Publik.
    • Merangkap sebagai petugas loket informasi.



Struktur Organisasi