Weekend Service

Program Layanan Akhir Pekan atau "Weekend Service" merupakan salah satu inovasi dibidang layanan pertanahan, dimana kantor pertanahan membuka pelayanan di luar hari kerja yaitu pada akhir pekan atau Hari Sabtu. Layanan Akhir Pekan atau "Weekend Service" pada Kantor Pertanahan Kota Surabaya II dikenal dengan "Saturday Open". Weekend Service dimaksudkan untuk percepatan layanan pertanahan tertentu serta membantu masyarakat yang memiliki keterbatasan waktu pada hari kerja. Dengan upaya ini diharapkan mampu memangkas peran para calo atau perantara yang sering menyebabkan "biaya tinggi" dalam pengurusan layanan pertanahan. Layanan pertanahan yang diberikan dalam Weekend Service dibatasi pada jenis layanan tertentu yang kewenangannya ada pada Kantor Pertanahan yang bersangkutan.

Kantor Pertanahan Kota Tangerang telah menerapkan layanan "Weekend Service" sejak april 2013 dengan jenis layanan Pengecekan Sertipikat Hak Atas Tanah, Pemberian Hak Milik atas Tanah untuk Rumah Tinggal, Surat Keterangan Pendaftaran Tanah, Pendaftaran Blokir dan Hapusnya Hak Tanggungan (Roya). Waktu pelayanan pendaftaran pada jam 09.00 – 12.00 WIB dan penyerahan produk dilakukan pada jam 13.00 - 15.00 WIB. Kantor Pertanahan Surabaya II menyelenggarakan Weekend Service pada jam 08.00 – 12.00 WIB untuk jenis layanan penghapusan Hak Tanggungan (Roya), perubahan HGB menjadi HM untuk luas tertentu, Surat Keterangan Pendaftaran Tanah (SKPT) serta pengecekan sertipikat. Untuk pelayanan ini dilakukan pengaturan tim pelaksana secara bergiliran serta disediakan Loket Khusus yang memudahkan masyarakat/pemohon layanan.

Dengan biaya yang sama dengan pelayanan di hari biasa serta selesai dalam hari yang sama (bisa ditunggu), layanan ini dimaksudkan agar masyarakat mendapat waktu lebih banyak untuk mendapatkan pelayanan. Selanjutnya masyarakat terdorong untuk melakukan pengurusan administrasi pertanahan secara langsung tanpa perantara, masyarakat bisa mendapatkan pelayanan yang lebih cepat dan lebih baik, mendorong peningkatan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) serta mendukung terwujudnya reformasi birokrasi di BPN RI. Beberapa Kantor Pertanahan yang telah melaksanakan Weekend Service atau Layanan Akhir Pekan antara lain oleh Kantor Pertanahan Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang dan Kota Surabaya II.