Layanan Geoservice Peta Tematik Pertanahan

Layanan ini merupakan layanan web yang khusus mendukung akses ke data peta tematik pertanahan, mencari strategi dalam jaringan data yang tersedia dan memfasilitasi prensentasi data peta (WMS/Web Map Service, WFS/Web Feature Service dan WCS/Web Coverage Service), menawarkan analisis fungsi pendekatan untuk data peta tematik pertanahan. Layanan ini dicetuskan dengan dilatarbelakangi :
  1. Peta Tematik Pertanahan diperlukan untuk Visualisasi Spasial Data Pertanahan dan produk kegiatan pertanahan dalam rangka mempermudah perencanaan program pertanahan dan evaluasi program pertanahan.
  2. Data pertanahan baik data tekstual dan data spasial sangat banyak/kompleks sehingga diperlukan media untuk menyajikan keduanya (tekstual dan spasial) dengan tema yang ditentukan dan distandarkan.
  3. Kebutuhan geoservice peta yang dapat digunakan oleh seluruh bidang/seksi di BPN sangat diperlukan sebagai suatu sistem terpadu database spasial pertanahan. Geoservice peta menjembatani kompleksitas penggunaan berbagai macam software pengolahan data spasial dan visualisasi data spasial masing-masing bidang/seksi di BPN.
  4. Kebutuhan peta terkait aspek pertanahan oleh eksternal user (instansi pemerintah lainnya, NGO, dan masyarakat) untuk kepentingan terkait. Eksternal user perlu diberikan pelayanan untuk dapat melihat jenis peta dan preview-nya yang telah dimiliki oleh BPN.

Adapun tujuan dibuatnya layanan ini antara lain :
  1. Sebagai Media untuk Visualisasi Spasial Data Pertanahan dan produk kegiatan pertanahan.
  2. Sebagai suatu sistem database spasial terpadu yang dapat digunakan oleh seluruh bidang/seksi di BPN yang dapat diakses dengan Internet Browser, ArcGIS, Auto CAD Map dan lain-lain.
  3. Sebagai Media informasi ketersediaan peta/produk pertanahan lainnya yang dimiliki BPN untuk membantu kegiatan pelayanan Peta yang dibutuhkan oleh internal user dan eksternal user (instansi pemerintah lainnya, NGO, dan masyarakat).
  4. Sebagai Media yang dapat digunakan untuk keperluan Web Mapping.
  5. Sebagai Media untuk Konsolidasi data GeoKKP dan evaluasi kualitas data spasial GeoKKP.

Selengkapnya mengenai Layanan Geoservice Peta Tematik Pertanahan, silahkan klik disini.