Layanan Anggota Masyarakat

Layangmas atau Layanan Anggota Masyarakat, merupakan aplikasi layanan mandiri bagi masyarakat berbasis GeoSpatial dengan menggunakan teknologi komputer touchscreen, sebagai wujud pemanfaatan lebih lanjut dari aplikasi pelayanan pertanahan berbasis komputer (Komputerisasi Kantor Pertanahan/KKP). Layangmas terwujud berkat kerjasama antara Kantor Pertanahan dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Karanganyar Propinsi Jawa Tengah, bertujuan untuk memonitor potensi di Kabupaten Karanganyar, seperti pertanian, perumahan, perindustrian, dan pariwisata.

Layangmas dipasang di sejumlah tempat penting, seperti Kantor Pertanahan Kabupaten Karanganyar, bandara Adisumarmo, kantor Sekretaris Daerah Karanganyar dan rumah dinas Bupati Karanganyar. Layangmas menyajikan berbagai informasi mengenai industri, pertanian, dan pariwisata (intanpari). Selain itu, informasi yang terkait rencana tata ruang dan wilayah, seperti data dasar bidang tanah, penggunaan tanah, zona tanah, juga kawasan rentan bencana alam. Citra yang bersumber dari Google Earth digunakan sebagai background pada aplikasi Layangmas ini. Berbagai informasi yang tersaji dalam Layangmas, antara lain :
  1. Informasi Lokasi Industri
    Distribusi spasial industri yang ada di Kabupaten Karanganyar disajikan dalam bentuk titik dengan simbol lingkaran berwarna merah dengan toponimi berupa nama perusahaan/industri tersebut. Deskripsi industri dapat dilihat pada link masing-masing obyek industri di peta.
  2. Informasi Lokasi Pertanian Unggulan
    Lokasi pertanian yang menghasilkan produk unggulan seperti durian, kunyit biofarma kadan padi organik di KabupatenKaranganyar disajikan dalam bentuk titik dengan simbol lingkaran berwarna hijau dengan toponimi berupa nama produk unggulannya. Apabila disentuh pada simbol tersebut, foto dari produk unggulan pertanian tersebut akan muncul. Informasi produk unggulan pertanian ini sangat bermanfaat bagi para wisatawan yang menginginkan buah tangan yang khas di Kabupaten Karanganyar.
  3. Informasi Rencana Tata Ruang (RTRW)
    Informasi Rencana Tata Ruang dipadu dengan penggunaan tanah dan citra satelit dapat digunakan untuk monitoring dan evaluasi kesesuaian penggunaan tanah dan Rencana Tata Ruang Wilayah. Dengan informasi RTRW yang dapat dilihat oleh masyarakat ini diharapkan masyarakat dapat mematuhi apa yang ada pada Rencana Tata Ruang tersebut dan meminimalisir konversi penggunaan tanah pertanian menjadi non pertanian.
  4. Informasi Zona Nilai Tanah
    Informasi Zona Nilai Tanah bermanfaat antara lain bagi masyarakat dan pengembang property atau investor di Kabupaten Karanganyar. Berapa harga tanah yang wajar pada wilayah itu dapat dilihat pada informasi Zona Nilai Tanah karena Zona Nilai Tanah dibuat berdasarkan survei lapangan yang akurat.
  5. Informasi Pariwisata
    Informasi Pariwisata di Kabupaten Karanganyar disajikan dalam simbol point berwarna kuning yang menyajikan informasi lokasi wisata dan deskripsi singkat mengenai lokasi wisata tersebut.Wisatawan yang mendarat di Bandara Adisumarmo dapat memanfaatkan fasilitas Layangmas di Bandara untuk mengetahui informasi Pariwisata di Kabupaten Karanganyar.
  6. Informasi Wilayah Bencana
    Informasi wilayah bencana bermanfaat untuk mengetahui bidang tanah yang bisa terdampak jenis bencana tersebut.Selain itu informasi jumlah kepala keluarga dan jumlah jiwa yang ada di wilayah rawan bencana itu dapat dilihat untuk kepentingan pengambilan kebijakan kebencanaan seperti evakuasi, mitigasi bencana, pengungsi, bantuan dan lain-lain.
  7. Informasi Pertanahan
    Informasi Pertanahan yang ditampilkan bersumber dari basis data GeoKKP Kantor Pertanahan Kabupaten Karanganyar yaitu informasi bidangtanah meliputi distribusi, luas bidang tanah, nomor Hak, nomor Surat Ukur yang dapat dicari dengan menu pencarian per kecamatan/desa. Bidang tanah yang sudah terdaftar dan belum terdaftar dibedakan di dalam aplikasi Layangmas ini.