Presiden RI Serahkan 1.422 Sertipikat Tanah Di Provinsi Termuda

Bulungan - Presiden RI, Joko Widodo bersama Menteri ATR/Kepala BPN Sofyan A. Djalil, menyerahkan sertipikat hasil program strategis nasional di Lapangan Kantor Bupati Bulungan, Kalimantan Utara (6/10).

Sertipikat dibagikan kepada 12 orang perwakilan, dari keseluruhan sebanyak 1.422 penerima sertipikat tanah yang berasal dari Kabupaten Nunukan, Kota Tarakan, Kabupaten Bulungan, Kabupaten Tanah Tidung, Kabupaten Malinau dan Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur.

Dalam kesempatan tersebut hadir M. Noor Marzuki sekretaris jenderal Kementerian Agraria dan Tata Ruang, Dr. H. Irianto Lamri Gubernur Kalimantan Utara, Hetifah Sjaifudian anggota DPRRI Daerah Pemilihan  Provinsi Kalimantan Timur, Bupati dan Walikota se-Provinsi Kaltara serta para pemangku kepentingan.

Gubernur Kaltara mengatakan bahwa Joko Widodo adalah presiden pertama yang mengunjungi Kabupaten Bulungan sepanjang sejarah Indonesia merdeka.  Kunjungan Presiden ini  merupakan apresiasi terhadap akselerasi pembangunan provinsi termuda di Indonesia, serta simbol keterpihakan presiden terhadap pembangunan perbatasan dengan menetapkan program strategis nasional.

Presiden Joko Widodo mengapresiasi kinerja jajaran Kementerian ATR/BPN. "Biasanya 2.000 sertipikat pertahun. Tahun ini 26.000, tahun depan 50.000 harus keluar dari Kaltara,” ujar Jokowi. Jokowi juga berpesan bahwa tambak-tambak  milik rakyat di Kaltara untuk segera disertipikatkan.

Presiden juga mengatakan bahwa sertipikat itu sangat penting.  "Dalam beberapa kunjungan kerja, saya menerima keluhan  sengketa, di mana mana". Sertipikat adalah tanda bukti hukum hak atas tanah, oleh karenanya harus disimpan baik-baik, diberi plastik biar tidak rusak. Difotokopi supaya kalau hilang bisa diurus kembali ke BPN. Bila akan dijaminkan di bank harus dikalkulasi dengan baik supaya sertipikat tidak hilang dan tanah pun hilang. "Jangan gagah-gagah-an punya mobil tapi hasil hutang, modal yang diterima dari bank dipakai untuk usaha, biar perekonomian keluarga lebih baik,” himbau Presiden.

Pada kesempatan sebelumnya, Sofyan A. Djalil meninjau Kantor Pertanahan Kabupaten Bulungan. Sofyan memberikan arahan seluruh jajaran Kantor pertanahan Kabupaten Bulungan untuk terus bekerja ikhlas, berkualitas dan tuntas.