Peringatan Hari Ibu Ke-89 Tahun 2017 di Kementerian ATR/BPN

Jakarta - Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Badan Pertanahan Nasional (BPN) melaksanakan upacara dalam rangka memperingati Hari Ibu Ke-89 Tahun 2017 di Gedung Kementerian ATR/BPN, Jakarta, (22/12).

Bertindak sebagai Pembina Upacara pada upacara kali ini adalah Direktur Jenderal Pengadaan Tanah, Ibu Arie Yuriwin.

Peringatan Hari Ibu ke-89 Tahun 2017 mengangkat tema “Perempuan Berdaya, Indonesia Jaya” dengan sub tema Meningkatkan akses ekonomi bagi perempuan mandiri, sejahtera dan bebas dari kekerasan; serta Peningkatan ketahanan keluarga untuk mewujudkan keluarga yang kuat dalam berbagai bidang (kesehatan, ekonomi, pendidikan, kehidupan keluarga, kehidupan bermasyarakat dan kuat dalam menyikapi perbedaan budaya).

Dalam sambutannya disampaikan bahwa Peringatan Hari Ibu juga menunjukkan bahwa perjuangan kaum perempuan Indonesia, telah menempuh proses yang sangat panjang dalam mewujudkan persamaan peran dan kedudukannya dengan kaum laki-laki, mengingat keduanya merupakan sumber daya manusia dan potensi yang turut menentukan keberhasilan pembangunan.

“Momentum Hari Ibu juga dijadikan sebagai refleksi dan renungan bagi kita semua, tentang berbagai upaya yang telah dilakukan dalam rangka memajukan pergerakan perempuan di semua bidang pembangunan,” lanjutnya.

Sejarah Peringatan Hari Ibu

Tekad dan perjuangan kaum perempuan untuk mewujudkan kemerdekaan dilandasi oleh cita-cita dan semangat persatuan kesatuan menuju kemerdekaan Indonesia yang aman, tentram, damai, adil dan makmur sebagaimana dideklarasikan pertama kali dalam Kongres Perempuan Indonesia pada tanggal 22 Desember 1928 di Yogyakarta. Peristiwa ini sekaligus sebagai tonggak sejarah bagi bangsa Indonesia dan diperingati setiap tahunnya, baik di dalam dan luar negeri. Komitmen pemerintah juga dibuktikan dengan diterbitkannya Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 316 Tahun 1959, yang menetapkan bahwa tanggal 22 Desember sebagai Hari Ibu sekaligus Hari Nasional bukan hari libur.