Menteri ATR/Kepala BPN Lantik 60 Pejabat Administrator Kementerian ATR/BPN

Jakarta - Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) melantik 60 Pejabat Administrator lingkungan Kementerian ATR/BPN pada acara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah/Janji Pejabat Administrator di Aula Prona Lantai 7 Gedung Kementerian ATR/BPN, Jakarta (26/02).  Promosi dan rotasi jabatan ini dilakukan dalam upaya mengisi posisi yang kosong karena beberapa pejabat yang pensiun dan juga merotasi posisi yang sudah lama sekali menjabat, hal ini berguna untuk meningkatkan kinerja sumber daya manusianya agar dapat menyelesaikan tugas sesuai target.

“Semakin lama saya menjabat di sini makin saya sadar ada dua kompetensi sumber daya manusia di lingkungan Kementerian ATR/BPN. Pertama konseptor, posisi ini cocok diisi dengan orang yang mampu berpikir dan membuat kebijakan, itu lebih bagus ditempatkan pada kantor pusat atau kantor wilayah. Kedua eksekutor, posisi ini cocok diisi dengan orang yang aktif di lapangan, kreatif, berani, dan dapat menyelesaikan masalah, itu lebih bagus ditempatkan pada kantor pertanahan,” ujar Menteri Sofyan.

Promosi dan rotasi jabatan ini berdasarkan hasil evaluasi yang diterima Menteri ATR/BPN dari kantor wilayah terhadap beberapa kantor pertanahan. Banyak aspirasi yang masuk dalam upaya penyusaian posisi menjabat berdasarkan kompetensi tapi hasilnya disesuaikan pertimbangan-pertimbangan yang ada.

Sofyan menyampaikan pesan kepada pejabat administrator yang baru dilantik, untuk terus melakukan inovasi dan kreatifitas dalam upaya menyelesaikan masalah dan mencapai target. Ia juga mengatakan, Kementerian ATR/BPN sudah mempunyai suatu sistem yang sudah digunakan maupun sedang dibangun, jadi diharapkan untuk diacak lebih baik tingkatkan sistem yang ada agar ATR/BPN terus berkembang menjadi lebih baik.

Berikut ini Lampiran Keputusan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional tanggal 21 Februari 2018 tentang Pengangkatan dalam Jabatan Adiminstrator Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional.  

Documents to download