Kementerian ATR/BPN Serahkan 5.500 Sertipikat Di Kabupaten Ciamis

Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Badan Pertanahan Nasional (BPN) menyerahkan 5.500 sertipikat tanah di Taman Lokasana Kabupaten Ciamis, Selasa (16/1).

Penyerahan ini dihadiri oleh penerima sertipikat tanah yang berasal dari 5 Kabupaten/Kota, yaitu Kota Banjar 1.000 penerima sertipikat, Kabupaten Ciamis 1.500 penerima sertipikat, Kabupaten Pangandaran 1.000 penerima sertipikat, Kota Tasikmalaya 1.000 penerima sertipikat, dan Kabupaten Tasikmalaya 1.000 penerima sertipikat.

Pada kegiatan ini, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo secara langsung menyerahkan sertipikat tanah kepada 12 orang perwakilan penerima sertipikat hak atas tanah. Dalam kunjungan kedua kalinya di Kabupaten Ciamis, Jokowi mengatakan sangat mengapresiasi kinerja jajaran ATR/BPN yang telah berhasil menerbitkan 590.000 sertipikat bidang tanah se-Provinsi Jawa Barat di tahun 2017.

Presiden juga mengingatkan kepada masyarakat agar menjaga dan merawat sertipikat yang sudah didapat tersebut. "Kalau sudah dapat sertipikat tolong dijaga, sertipikatnya dilaminating terus difotokopi. Sertipikat ini sudah ada jaminan hukumnya, kalau mau digunakan untuk pinjaman ke bank tolong diperhitungkan dengan baik, mampu atau tidak mencicilnya nanti, sebaiknya digunakan untuk pinjaman modal usaha jadi berkembang," ujar Presiden.

Pada kesempatan yang sama, Menteri ATR/BPN, Sofyan A. Djalil menyampaikan bahwa jajaran Kementerian ATR/BPN akan selalu bekerja keras dalam memenuhi target yang diberikan pemerintah. "Guna memenuhi target penerbitan 7 juta sertipikat tanah di seluruh Indonesia yang akan direalisasikan tahun ini. Diharapkan kepada masyarakat untuk membantu pihak kami yang nantinya survei ke lapangan untuk mengukur bidang tanah, sebaiknya tanahnya diberi patok untuk mempermudah," ujar Sofyan.