Kementerian ATR/BPN Luncurkan Layanan Online GIS TARU

Jakarta - Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Badan Pertanahan Nasional (BPN) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Tata Ruang meluncurkan layanan online GIS TARU (Geographic Information System Tata Ruang) di Ruang Prambanan, Gedung Ditjen Tata Ruang, Jakarta, Selasa (7/8).

Dalam sambutannya, Sekretaris Jenderal, Himawan Arief Sugoto mengatakan bahwa program layanan online GIS TARU merupakan pelaksanaan amanat Pasal 13 UU Nomor 26 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang. "Dalam Pasal tersebut disebutkan bahwa setiap warga negara Indonesia memiliki hak dan kesempatan yang sama untuk memperoleh informasi penataan ruang," kata Sekretaris Jenderal.

"Selain itu peluncuran layanan online GIS TARU ini merupakan implementasi Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 9 Tahun 2016 tentang Percepatan Pelaksanaan Satu Peta karena peta tata ruang sebagai salah satu dari 85 peta tematik. Selain itu juga untuk mendukung Online Single Submission," ujar Sekretaris Jenderal.

Sekretaris Jenderal mengatakan bahwa ia memiliki harapan yang besar terhadap program ini karena menurutnya dapat mempermudah pengurusan izin. "Dengan terbukanya informasi mengenai penataan ruang akan mempermudah perizinan dan mendorong investasi serta mendorong pembangunan yang tertib tata ruang," ungkap Sekretaris Jenderal.