Jokowi Ucapkan Terima Kasih kepada Jajaran ATR/BPN


Subang - Presiden RI Joko Widodo mengucapkan terima kasih kepada jajaran Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) yang telah bekerja keras dalam menyukseskan pensertipikatan tanah. "Saya pada kesempatan yang baik ini mengucapkan terima kasih kepada Pak Menteri dan seluruh Kantor BPN yang telah bekerja keras pulang sampai larut malam Sabtu dan Minggu masuk hanya untuk menyukseskan sertipikat tanah ini," ujar Jokowi.

Ucapan terima kasih tersebut disampaikan Kepala Negara di depan masyarakat Jawa Barat pada saat acara penyerahan 5.000 sertipikat tanah untuk rakyat di Gedung Komplek Waterboom Bintang Fantasi Pamanukan, Subang, Jawa Barat, Rabu (6/6).

Pada kesempatan tersebut, Presiden meminta masyarakat untuk mengangkat sertipikat tanah yang diterima agar tahu bahwa sertipikat tanah benar-benar diterima oleh masyarakat. "Ayo sertipikatnya diangkat, mau saya hitung, biar saya tahu kalau yang dibagi tidak hanya simbolis di depan saja, tapi benar-benar sudah diterima rakyat," ujar Jokowi.

Jokowi mengatakan bahwa di Jawa Barat target pensertipikatan tanah tahun ini adalah sekitar 1,2 juta bidang, tahun depan sekitar 1,5 juta bidang. "Sehingga seluruh Jawa Barat akan bersertipikat seluruhnya dalam jangka waktu empat tahun lagi," ungkap Jokowi.

Lebih lanjut dalam kesempatan yang berbahagia tersebut, Presiden mengimbau kepada masyarakat penerima sertipikat tanah dan akan mengagunkan sertipikatnya untuk memperoleh modal, agar sebelum meminjam uang dari bank menghitung dan mengkalkulasi. Hal tersebut dilakukan agar kemampuan mengangsur cicilan setiap bulannya dapat diperhitungkan. 

"Kalau tidak bisa jangan dipaksakan, apalagi uang agunannya digunakan untuk beli mobil atau beli motor ini tidak benar. Paling-paling kalau dapat pinjaman 300 juta terus 150 jutanya untuk beli mobil, paling-paling gagahnya 6 bulan setelah itu mobilnya diangkut sama dealer, sertipikatnya disita sama Bank, tanahnya hilang," pesan Presiden.

Seperti kita ketahui, sertipikat tanah merupakan tanda bukti hak hukum atas tanah yang selain memberikan kepastian hukum hak atas tanah, juga jika diperlukan dapat dijadikan agunan untuk memperoleh modal dalam rangka mengembangkan usaha.

Penyerahan sertipikat tersebut mendapat sambutan baik dari masyarakat Subang. Janib (35) mengucapkan terima kasih kepada Presiden Jokowi dan BPN yang telah memberikan pelayanan secara baik, cepat dan tepat. "Dengan adanya sertipikat ini saya jadi tenang, dan nanti bisa saya wariskan ke anak saya," ujar Janib.