Gedung Baru Kantor Pertanahan Kota Tangsel Telah Diresmikan

Tangsel - Gedung baru milik Kantor Pertanahan Kota Tangerang Selatan (Tangsel) telah diresmikan. Peresmian dilakukan oleh Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN), Sofyan A. Djalil dengan penandatanganan prasasti serta pengguntingan pita yang dilakukan di halaman Kantor tersebut, Rabu (20/9).

Acara tersebut dihadiri juga oleh Walikota Tangsel, Airin Rachmi Dainy serta anggota Muspida Kota Tangsel.

Dalam sambutannya, Menteri ATR/Kepala BPN berpesan agar gedung baru ini harus dijaga dengan baik. Sofyan meminta agar jajaran Kantah Kota Tangsel melihat bangunan hotel yang masih berdiri megah kendati usia bangunannya sudah mencapai 20 tahun. "Kenapa Kantor-Kantor Pemerintah tidak bisa?" kata Sofyan.

"Kita harus membuat standar prosedur dalam mengelola kantor ini," kata Sofyan lagi.

Arsip dan dokumen menjadi pendukung utama bagi pelayanan suatu Kantor Pertanahan. Karena arsip dan dokumen banyak memuat data-data yang dibutuhkan untuk pelayanan pertanahan.

Terkait hal tersebut, Sofyan meminta agar dokumen atau arsip yang ada dilakukan digitalisasi. Menurutnya, hal ini bertujuan untuk melindungi arsip dan dokumen yang ada. "Gedung arsip yang akan dibangun nanti bisa menjadi paperless document model," ujar Sofyan.

Gedung baru ini berdiri di atas lahan seluas 4.569 m2 dengan bangunan seluas 2.110 m2 dan beralamat di Jalan Letnan Soetopo, Rawa Mekar Jaya, Serpong, Kota Tangerang Selatan, Banten.

Sebelumnya, Kantor Pertanahan Kota Tangsel yang lama berada di Ruko Golden Boulevard, Bumi Serpong Damai.