Presiden Resmikan Pokja Paket Kebijakan Ekonomi

[Koran Tempo, Hal 2, 28 Juni 2016]

Presiden Joko Widodo akan meresmikan empat kelompok kerja (pokja) untuk mengawal dan mempercepat pelaksanaan 12 paket kebijakan ekonomi, hari ini. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan tim ini terdiri atas Pokja I Kampanye dan Diseminasi Kebijakan, Pokja II Percepatan dan Penuntasan Regulasi, Pokja m Evaluasi dan Analisa Dampak, serta Pokja IV Penanganan dan Penyelesaian Kasus. "Tim ini khusus dibentuk berdasarkan permintaan Presiden," kata Darmin, dikutip dari Antara, kemarin.

Salah satu pokja akan dipimpin oleh Menteri Perdagangan Thomas Lembong. Menurut Darmin,
Thomas akan menangani masalah kampanye dan diseminasi kebijakan. Ketua Tim Ahli Wakil Presiden Sofjan Wanandi akan menjabat Ketua Pokja IV, atau penanganan dan penyelesaian kasus. "Nanti akan diumumkan kebijakan yang sudah berhasil untuk jangka pendek, menengah, dan panjang berikut kebijakan apa yang harus dipercepat serta kasus yang sudah diselesaikan," ujarnya.

Menurut Sofjan, keempat pokja itu dibentuk khusus untuk mengkoordinasikan serta menyelesaikan kasus yang menghambat laju perekonomian dan investasi. Dia mengaku menerima banyak pengaduan. Rencananya, pengumuman pembentukan pokja ini akan berlangsung di kantor Kementerian Koordinator Perekonomian.

Sebelumnya, pemerintah menargetkan 26 peraturan dalam paket kebijakan yang belum rampung dapat selesai pada bulan ini. Peraturan tersebut terdiri atas enam regulasi dan 20 peraturan turunan.

Deputi Bidang Koordinasi Perniagaan dan Industri Kementerian Koordinator Perekonomian Edy Putra Irawady mengatakan saat ini baru ada tiga regulasi yang selesai. Tiga peraturan tersebut adalah Peraturan Kepala Badan Pertanahan Nasional tentang Penyelesaian Kasus Pertanahan, Peraturan Menteri Pertanian tentang Izin Usaha Perkebunan, serta Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi mengenai Pemberian Sanksi Administratif. 

* FERY F. | V1NDRY FL0RENT1N