Kota Tangerang Selesaikan LA Lebih Cepat Dari Target

(Indopos, Halaman 13, 22 Juli 2016)

SERANG-Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) ATR/BPN Provinsi Banten, Sri Mujitono mengapresiasi kinerja jajaraan kantor kantor Pertanahan Kota Tangerang yang sudah berhasil menyelesaikan program legalisasi aset (LA) lebih cepat dari target yang sudah ditetapkan.

"Dari tujuh kantor Petanahan yang ada di Provinsi Banten, hanya Kota Tangerang yang sudah berhasil menyelesaikan program legalisasi aset tahun 2016," ujar Sri Mujitono didampingi Kabid Hak Tanah dan Pendaftaran Tanah (HTPT) Edy Prasetyo kepada INDOPOS di Serang, Kamis (21/7).

Sri menambahkan, selain berhasil menyelesaikan program LA tahun 2016, jajaran kantor Pertanahan Kota Tangerang juga menyatakan kesiapan mereka dalam pembanguna zona integritas bebas KKN yang terungkap dalam road show sosialisasi perdana jajaran Kanwil ATR/BPN Banten ke seluruh kantor Pertanahan yang ada di Banten.

"Mudah mudahan apa yang sudah dicapai oleh Kantah Kota Tangerang dapat ditiru oleh Kantah lainnya, agar mereka dapat menyelesaikan program legalisasi aset paling lambat akhir bulan Agustus dari target akhir bulan September 2016," tuturnya.

Menurut Sri, pembagunan zona integritas merupakan momentum untuk kembali menegaskan, bahwa jajaran Kementerian ATR/ BPN berkomitmen untuk mewujudkan lembaga yang berintegritas dan bebas dari korupsi, sebagai bentuk implementasi dari pelaksanaan Instruksi Presiden.

Sementara Kabid HTPT Kan-will ATR/BPN Banten, Edy Pras-tyo menambahkan,pihaknya terus memantau penyelesaikan progran legalisasi aset di setiap Kantor Pertanahan, agar penyelesaian program strategis dari kementerian ATR/BPN tersebut dapat selesai sesuai dengan rencana.

"Kita terus memonitoring progres penyelesaian legalisa-isai aset di setiap kantah.Dari 29.500 bidang tanah di Provinsi Banten yang masuk dalam LA 2016,sudah 70 persen selesai dikerjakan," katanya.

Sementara Kepala Kantor Pertanahan Kota Tangerang, Himsar menjelaskan, tahun ini pihaknya mendapatkan alokasi program legalisasi aset yang terdiri dari Prona sebanyak 3.000 bidang, sertifikat Barang Milik Negara (BMN) yaitu, milik Kementerian PUPR sebanyak 9 bidang dan Kemenag 1 bidang,dengan jumlah keseluruh sebanyak 10 bidang, dan sertipikat UKM100 bidang yang tersebar di sejumlah Kecamatan di Kota Tangerang, (yas)