Buka Layanan Pertanahan Terintegrasi

Keinginan memberikan layanan yang memudahkan bagi masyarakat mendorong Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Badan Pertanahan Nasional (BPN) terus melakukan inovasi dan terobosan. Kini Kementerian ATR melakukan terobosan dengan memberikan layanan terintegrasi se DKI Jakarta.

"Ini pertama kalinya layanan terintegrasi untuk se-Jakarta dan se-Indonesia. Kalau di Bandung baru layanan bersama dengan pelayanan dari masing masing wilayah dalam satu tempat yang sama namun belum terintegrasi secara sistem. Berbeda dengan yang diresmikan sekarang yang memang sudah terintegrasi secara sistem," terang Dirjen Infrastruktur Keagrariaan Kementerian ATR/BPN, R.M. Adi Darmawan, saat ditemui di Jakarta, Kamis (30/6).

Layanan Integrasi merupakan gerai yang menggabungkan layanan kantor pertanahan dalam satu wilayah provinsi atau lebih. Dengan sistem Komputerisasi Kegiatan Pertanahan (KKP), gerai ini dapat menerima pemohonan dari Kantah Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Utara, Jakarta Selatan dan Jakarta Timur pada satu sistem.

Gerai Layanan yang berlokasi di Beranda Nusantara, Mal Kota Kasablanka Lantai Lower Ground akan mengintegrasikan layanan dari lima Kantor Pertanahan (Kantah) se-Jakarta.

Untuk layanannya sendiri untuk awalnya gerai tersebut akan melayani tiga jenis layanan yakni Pengecekan Sertifikat, Penghapusan Hak Tanggungan (Roya) dan Peningkatan Hak dari Hak Guna Bangunan (HGB) ke Hak Milik (HM) untuk luas bidang kurang dari 600 meter persegi.

"Nanti kedepannya semua layanan derivatif yang sudah bersertifikat untuk perubahan data akan bisa dilayani, seperti peralihan ak, peralihan hak Tanggungan (Cessie). perubahan kreditur, ganti gama hingga peningkatan status dari HGB ke Hak milik. Jadi ini bukan untuk layanan permohonan sertifikat sebab itu harus adanya pengukuran tanah dan prosedur lainnya," jelas Adi.

Bahkan di gerai tersebut masyarakat juga bisa mendapatkan informasi sekaligus berkonsultasi perihal layanan pertanahan. Sebelumnya Kantah Jakarta Selatan telah membuka layanan di Mal Gandaria City dan Kantah Jakarta Pusat menyediakan layanan di Mal Thamrin City namun keduanya saat ini masih bersifat lokal. Nantinya menurut Adi kedepannya akan ditingkatkan menjadi layanan terintegrasi seperti di Mali Kota Kasalblanka, bahkan termasuk untuk di Bandung.

"Nantinya akan dikembangkan untuk link ke sistem di Bandung sehingga bisa tergabung dalam satu sistem yang online. Sehingga dengan terkoneksi dengan yang di Jawa barat masyarakat bisa mendapatkan layanan antar wilayah untuk kedepannya dan kalau bisa hingga ke semua wilayah di Indonesia," ujar Adi.

Dalam kesempatan yang sama Kepala Kantor Wilayah DKI Jakarta Najib Taufieq menuturkan Mal Kota Kasablanka dipilih karena lokasinya yang strategis dan banyak dikunjungi masyarakat umum. "Mengurus sertifikat tanah bisa sambil mengajak keluarga, bisa sambil berbelanja ataupun rekreasi sekeluarga," ujarnya.

Pembayaran layanan juga dilakukan secara non tunai dengan transfer ke bank ataupun menggunakan kartu debit bank. Gerai Layanan Pertanahan Terintegrasi se-Jakarta di Mal Kota Kasablanka dibuka setiap Senin-Jumat dengan jam operasional 10.00 hingga 16.30. (ibl)

foto caption - LAYANAN TERINTEGRASI: Kantor Wilayah Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan DKI Jakarta membuka llayanan pertanahan terintegrasi guna mendekatkan diri dan memudahkan warga yang hendak mengurus dokumen tanah mereka. Gerai layanan ini diresmikan penggunaannya oleh Dirjen Infrastruktur Keagrariaan Kementerian ATR/BPN M. Adi Darmawan di Mal Kota Kasablanka, Tebet, Jakarta Selatan, Kamis (30/6).